Travelling with D'PR : Solo - Jogja Part 1

1 Comments

Tanggal 16 – 19 Januari 2013 kemarin saya dan sahabat-sahabat saya (Adhan, Ana dan Admira) melakukan perjalanan ke kampung halaman salah satu sahabat kami, Ana. Kampung halaman ana berada di sragen, jawa tengah. Karena letak sragen tidak jauh dari kota Solo, maka kami melakukan perjalanan Jakarta – Solo. Lalu kami menyambung perjalanan kami ke kota Yogyakarta 19 – 21 Januari 2013. Di jogja kami tidak hanya berempat tetapi sudah ada teman kami trya (mahasiswi ugm) dan cimol yang sudah melakukan perjalanan di Yogyakarta sebelum kami. Kali ini saya akan menceritakan perjalanan kami selama enam hari tersebut.

Hari 1 : Rabu, 16 Januari 2013
Kami berangkat menuju stasiun solo jebres dari stasiun ps senen pada malam hari.

Hari 2 : Kamis, 17 Januari 2013
Yeaaay akhirnya kami tiba di stasiun Solo Jebres sekitar jam 8 pagi. Dari stasiun kami menggunakan Taksi menuju Sragen. Fyi, Taksi yang kami gunakan itu bukan sedan loh, tetapi avanza. Jadi barang bawaan kami yang sangat banyak itu muat-muat saja di taksi :D kami berkenalan dengan supir taksi tersebut, nama supinya adalah pak joko. Dari cerita pak joko saya jadi tau bagaimana warga solo sangat mengaggumi sosok Bapak Jokowi (seperti yang kita tau Bapak Jokowi dinilai sukses membangun kota Solo). Sekitar jam 9 akhirnya kami tiba di Sragen. Saya sangat takjub dengan keindahan kampung halaman ana. Perjalanan menuju rumah mbah singo (mbahnya ana) kami disuguhi dengan hamparan sawah yang sangat indah. Sawah dengan background Gunung Lawu. SubhanAllah indahnya. Karena kondisi kami masih belum fit dan siap utnuk mengeksplore kota Solo jadi kami memutuskan untuk jalan-jalan keliling kampung nya ana..

Kami berempat jalan-jalan sampai akhirnya kami kelelahan dan tiba di desa sebelah. Siang itu matahari sangat menyengat akhirnya kami memutuskan untuk istirahat. Dan beruntungnya ada penjual yang menjual cilok dan cincau. Cincau nya enaaaaaak! saya bukan orang yang suka cincau. karena cincau yang biasa saya rasakan itu terasa pahit di lidah. Pokonya saya tidak suka cincau, hebatnya cincau disana benar-benar enak. Jika saya kembali ke sana, saya harus membeli cincau itu. Harus \(^.^)/
setelah menyantap cincau dan cilok kami kembali ke rumah mbah dengan menggunakan odong-odong. oiya disana juga lagi panen looh, panen padi, cabe dll.

Malam hari nya kami ke pasara suroboyo, makan ayam garang asem cuma 3000. tiga ribu rupiah, iya beneran deh tiga ribu.itu makan ayam bisa murah bgt. biaya hidup disana ga mahal. bisa kenyang bgt kalo jajan 10.000 padahal kalo di jakarta 10.000 baru bisa makan ayam yah..

btw, ketika kami sampai di sana dan nonton tv sedih juga.. Jakarta lagi banjir banget. waktu itu bapak saya telepon kalo beliau kejebak banjir di depan RRI. sebenarnya kami udah beli tiket tanggal 17 tapi tiba-tiba kami membatalkan tiket utk berangkat tanggal 16. Terima Kasih ya allah, kalau kami tidak membatalkan tiket tanggal 17 mungkin perjalanan ini juga akan batal.

Hari 3 : Jum'at, 18 Januari 2013
Mengeskplore Solo. kami berangkat jam 6 dari Sragen menuju Solo. tempat pertama yang kami kunjungi adalah Pasar Triwindu. Pasar Triwindu adalah pusat barang-barang antik.

Lanjut ke tempat kedua yaitu Istana Mangku Negara

Lanjut ke Keraton Solo

Taman Sriwedari

Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang kami kunjungi seperti alun-alun, Solo Paragon, Surabi Notosuman, Pasar Klewer dll. Hal yang membuat saya terkesan dengan kota Solo adalah trotoar disana luas bangeet. pejalan kaki benar-benar akan merasa nyaman jika berjalan kaki di sana. lalu ada jalur untuk becak, rapih banget kotanya, jarang ada sampah yang dibuang sembarang. suatu hari nanti saya dan semua anggota D'Pr harus kesana lagi. ^^

Hari 4 : Sabtu, 19 Januari 2013
Hari terakhir di solo, kami berangkat dari rumah mbah singo sekitar pukul 06.30 karena kami berencana untuk mengunjungi Situs Purbakala Sangiran. Adan bilang "Akhirnya gue bisa ke sangiran. dulu cuma bisa baca di buku sejarah"